Clarification

Ga bakal ada yang baca sih ini kayaknya, tapi biar aku tulis aja buat menghindari salah paham. 

Jadi kemarin aku nge-private blog ini bukan karena urusan apa-apa kok, melainkan karena aku mau maintenance dan merapikan sedikit konten yang akan menjadi sangat risih kalau site ini terakses… Suer bukan karena pundung atau apapun, buktinya yang ngirim email minta akses tetep aku buka kaaan… hihihi

Tapiii… aku justru dapet pencerahan, bahwa banyak sekali ya silent readers di sini (yang minta akses 80% user namenya aku nggak pernah liat di kolom komen). Banyaknya jumlah itu antara bikin marah sama sedih. Ini asli pencerahan super yang bikin aku jadi ngungkit masalah yang selama ini aku coba pendam dan kubur dalem-dalem.

Be prepared, from this sentence on, i won’t be nice and jolly. Because i want to rant!

Jadi inget waktu itu aku pernah ngobrol sama salah satu reader yang email ke aku buat chit-chat, curhat juga karena banyak author jadi pada getol ngejual karya lewat buku aja. Aku bilang sama dia bahwa hal itu mungkin bisa dimaklumi dari sisi reader yang memang sudah enak baca gratis, karena belum tentu semua orang punya uang jajan ekstra buat beli buku. Tapi aku juga kasih perspektif dari arah author yang nyesek karena views ribuan, komen cuman puluhan.

Karena yang gratisan aja buat sekedar memberi feedback, para reader enggan melakukannya.

Jadi jangan salahkan author yang jualan buku juga karena ya mungkin hanya dengan cara itu mereka benar-benar bisa dihargai dengan uang sekalian, karena yang dikasih gratisan nggak bisa diapresiasi oleh yang baca.

Mungkin itu perspektif dari kami-kami yang memang menyalurkan hobi sih, tapi kalau reader nuntutnya aneh-aneh kok hobi jadi berubah kaya utang ya? Mari kita galakkan prinsip saling menghargai, yes? Mungkin kalau readernya proaktif dan authornya merasa dihargai, persebaran ff yang dijual via buku tok akan berkurang, who knows?

Karena untuk aku pribadi, aku pengen jual buku karena aku ingin hidup abadi dalam lembaran kertas yang berisi pemikiran aku, bukan masalah uangnya (percaya deh, dikit banget bok untungnya, tapi kebanggaannya luar biasa saat melihat karya intelektual kita dihargai orang lain). Itu sebabnya aku juga nggak mau jual PDF yang sebenernya jauh lebih menguntungkan kalau dari sisi uang (iyalah, duitnya cepet, dan nggak usah repot-repot ke publisher), karena bukan itu tujuan aku bikin buku.

Anyways, itu pencerahan dan hikmah yang aku dapet dari ngeberesin blog ini, jelas tidak ada manfaatnya (Ya iyalah, silent redersnya aja ga peka.) Tapi boleh kan eke ngomel sekali-sekali. Gondok bok!

This blog is up and alive again, happy reading~ to anyone who finds comfort in my stories ^^

 

 

 

81 thoughts on “Clarification

  1. dayanaelf says:

    Karya mu yg bagus bingit emg patut diapresiasi kak, berusaha mungkin aku ninggalin jejak disetiap ff yg kubaca, itu jg bentuk kepuasan ku karna ff.mu yg super duper keren…

    Thanks… !!

    Liked by 1 person

  2. ddianshi says:

    Alhamdulillah akhirnya wpnya dibuka 🙂 dikira ada masalah eonni hhi
    okeoke aja kalo ff nya mau dibukukan juga 🙂 tetep semangat eonni ❤ dan jangan dengerin orang yg bisanya nyinyir saja 😀

    Liked by 1 person

  3. klo says:

    Sebelumnya saya jga mnta maaf kak, jarang ninggalin komen di ff kakak, cuman sesekali mngkin. Mau ninggalin komen, pasti ada àja hambatannya dari jaringan lemot, hape lemot, terkadang nih otak jga rada lemot wkwkwk. Karya kaka bagus banget gak ada yang aneh bahasanya baku ceritanya gak bsa diduga, pokonya feelnya itu dapet banget terkadang , kalo ada adegan yang sedih tuh aku sampe nangis, pas besoknya mata aku bengkak wkwkwkw. Tetap semangat berkaryanya kak, 😂😚😚😚😚

    Liked by 1 person

  4. graciakim says:

    Ngomel aja kak ngomel…
    Bebaaaas wkwkk
    Lagian suka heran juga cuma tinggal baca, gratis pulak tapi suruh komen masyaalloh…. *susah*
    Ditunggu banget kak bukunya
    Aku lebih suka koleksi dalam bentuk buku biar ada wujud fisik kan lumayan bisa buat warisan anak2 kelak wkwkk
    Pokoknya semangat terus ya kak obit
    Selalu ditunggu karya2nya

    Liked by 1 person

  5. Arigato says:

    Unni menunggu komenku?? Haha mianhe unni, aku enggak sempet ninggalin jejak abis baca ff, bulan2 kemaren prepare buat married un, dan ta ra aku udah merried sekarang? Tidak ada ucapan happy wedding?? Haha tidak apa2,
    Fighting unni joengmall saranghee!!!!

    Liked by 1 person

  6. Dufy says:

    Haha aku gak tahu kalo blognya ini sempat di private… prmasalahan para Author yg nulis ff rata2 kayak gitu.. yg baca banyak tp sider nya bejibun… Author gak bisa disalahkan kalo mereka mau bukuin karya2nya.. itu hak mereka.. dan sbgai pmbaca gratis mah gak bisa protes.. sy pribadi juga menghargai para Author yg karyanya mau diapain mereka… wong kita udah baca gratis , bukan kita yg buat juga.. apalagi menulis itu gak gampang… fighting buat Ssihobit ssi.. ☺

    Liked by 1 person

  7. Melsyana says:

    Aku gak tahu kalau blog kk pernah di tutup, tapi untungnya pas aku mampir ke sini, blog kk udah dibuka lagi.

    Jangan ditutup lagi ya kak blognya. Masih ada kok reader yg masih menghargai karya kk, yg masih setia ngasih komentnya ke cerita kk, walau silent readernya lebih banyak.

    Aku juga pernah terbesit ingin jadi silent reader – kan enak tinggal baca tanpa repot” nulis koment – tapi gak jadi, rasanya pasti gak enak kalau misalnya aku – di gituin juga – jadi si penulis yg mati”an ingin menyelesaikan karyanya sampai” kehidupan nyatanya juga terbengkalai hanya demi menyenangkan hati para pembaca setianya. Tapi, karna musuh bebuyutan (kalau gak silent reader, pasti plagiat) si penulis datang mengacau, jadi gak mood lagi untuk ngelanjutin karyanya yg otomatis semuanya di password atau blognya terancam di tutup.
    Mudah”an aja kk ngerti isi koment aku dan mudah”an aja mereka para silent reader diberi pencerahan.

    Aku juga pernah mampir ke blog author terkenal, pas aku mampir ke blognya, semuanya di password- kalau gak dari awal pasti yg ending ceritanya yg dikasih password- kan gak mood lagi kalau mau baca, padahal ceritanya seru”. Disitu lah aku mengutuk para plagiat dan silet reader, gara” mereka aku gak bisa baca ff author itu.

    Maaf ya kak, aku curhat walau gak sedikit gak apa” kan kak? :D.
    Fighting kak.

    Liked by 1 person

  8. Fhypi says:

    Annyeong eonn, sebenarnya aku udah nyimpen hal wp eonni dari lama tapi masih giliran bacanya drafnya masih banyak sih, eh ternyata bulan maret sempat di private ya… Hehehe 😅 syukur deh udah dibuka lagi soalnya udah masuk giliran bacaan nih… Izin baca ya dan aku juga mau minta maaf duluan kalau-kalau komenan aku nggak di seluruh part tp diusahain deh
    Khamsahamnida…
    From: fhypi 😊😊

    Liked by 1 person

Leave a Reply

