What I’ve Been Up To

draft

ketemu draft Final Call yang dibuat waktu ke-delay di Changi 3 jam hahaha

Hai… hai… sudah lama banget kayaknya nggak ngoceh di blog ini (ga ada yang nanya, i know). Mao nyampah ah sekali-sekali. So… what i’ve been up to?

Bimbingan TA

Kadang aku suka cengar-cengir sendiri bacain curhatan reader di comment masalah kuliah mereka. Yang lagi skripsi lah, yang lagi UAS lah, yang mau sidang lah… Kangen rasanya ada di masa-masa deg-degan nampol itu. Sekarang posisi aku ada di yang membimbing, dan somehow aku deg-degan lagi. Karena anak-anak aku bakal disidang sama rekan aku yang lain, nah kalau sidangnya ngaco berarti pembimbingnya ngaco. Kalo aku ngaco artinya aku bikin jalan mereka menyongsong masa depan jadi kurang mulus, atau parahnya lagi bisa dendam kesumat itu mahasiswa ke aku nanti. Jadi percayalah wahai kalian mahasiswa, dosennya ikutan kepikiran kok, cuman kita lebih tenang aja karena ya sudah sewayahnya demikian.

Bimbingan Magang

Ini nggak seribet TA sih, tapi anak-anaknya itu udah masuk generasi millenials. No offence untuk kalian yang line 96 ke atas (yang kita sebut dengan millenials), tapi sumpah ya, aku sebagai salah satu pengamat yang berhadapan langsung dengan generasi ini memang harus sering-sering ngurut dada sih, ironisnya umurku dan mereka hanya terpaut 8 tahun tapi kulturnya udah beda banget. Kalau boleh malah pengen ngeramasin satu-satu biar part otak yang mengontrol masalah tata krama, norma, kesopanan, dan nilai hidup itu nggak somplak-somplak amet.(Ini nggak semuanya begini sih, yang waras juga banyak… Tapi 50-50 banget and it’s scientifically proven btw (i have the book to cover this statement) jadi yang merasa keberatan dengan statement ini nanti aku sodorin buku Growing Up Digital karya Don Tapscott.

Oh ada fenomena seru masalah millenials ini. Jaman dulu kan kalau kita (kitaaa, gue doang kali) dapet tugas presentasi pasti di research dulu, pelajarin baik-baik, cari info selengkap mungkin buat siap ditanyain di depan kelas karena pas presentasi yang kita diharapkan menguasai topik yang sudah dipilih, kan? Nah! Anak jaman sekarang lebih cangih bok! Bikin presentasi sekenanya, ngakunya anak desain tapi isi slide tulisan semua (times new roman pula!), terus pas sesi tanya jawab nge-google dulu jawabannya. Aku dosennya kan jadi speechless.

Kelas 5 

Masing-masing cuma 2 sks sih, tapi kalau mengulang teori yang sama lima kali sedeng juga ya kakaaak. Kadang sampai lupa apa studi kasusnya sudah diterangin atau belum dari satu kelas ke kelas lain.

Penelitian

Kewajiban tridharma pendidikan yang lumayan bikin kepikiran. Tapi aku dan temen penelitian aku memilih topik yang bisa menyokong ilmu dan hobby secara bersamaan, so… i might be going to Phuket one day just for the research (and being paid for it)! Hahahaha

Nulis

Ini sudah menjadi keseharian sebenernya. Cara aku ngilangin stress dan cara menyalurkan ide yang sering nongol kalau lagi melawan kemacetan ibu kota dan sekitarnya. Kadang aku suka takut para reader eneg liat notifikasi dari blog ini, tapi yaaaa… mohon maaf ya kalau notif update terlihat menyebalkan. Aku butuh nulis buat ngilangin stress soalnya… -__-

Menyusun cita-cita

Semua yang nulis pasti pengen bikin buku. Sejauh ini aku sudah punya konsep dan beberapa chapter sudah tergarap (yang tidak akan aku publish di blog), tapi ya penyakit PD dan lain-lain masih menghalangi. Terus ada kemungkinan aku akan nge-print One Last Shot dan Final Call, aku nggak yakin akan mempromosikan sebagai buku yang gimana-gimana sih. Hanya menawarkan kalau ada yang mau ikutan nitip ngeprint buku itu, ya silakan… tapi kalau nggak ada aku tetep akan print buat diriku sendiri (satu eksemplar saja jelas) ;p

Jadi sekian acara nyampah dan ngoceh dalam sesi blabla kali ini… see you next time ;p

34 thoughts on “What I’ve Been Up To

  1. Afwi says:

    Hai kak, aku reader baru bg yg sedang menunggu final call end, hehe
    Itu yg dosen ngaco aku pernah mengalaminya. Sampai saat ini pun aku masih menyayangkan sikap tu dosen. Rasanya kuliah saya yg D3 itu gk berarti apa2. Tapi skrg aku kuliah lagi ntuk S1 (alhamdulillah ada rezeki), smoga ntuk TA nnti gk ada dosen ngaco, Aamiin 😀

    Liked by 1 person

  2. Eun Chan says:

    Kak Ssihobitt seorang Dosen yaa, entah kenapa aku keinget satu Dosen aku dulu, jg cewek sih. Dari semester 1-8 (minus semester4) di ajar itu Dosen terus, hahaa (jadi curhat)
    kalo anak jaman skarang mah suka dandan sih Kak, soal presentasi belakangan lah ya, yg penting syantik. Dulu kadang aku sempet mikir sama maba, skarang masih suka dandan giliran semester akhir, yakin deh dandannya bakal luntur (curhat lgi)
    Kak ssihobitt ini keren lho, ga nyangka banget kalo jadi Dosen. Kirain ya kerja aja. Pasti jaman kuliahnya kakak jarang banget mahasiswa model kaya skarang ya kak, hehee
    soal tulisan kakak, tulisan kakak itu keren lho. PD aja kak buat nerbitin novel atau buku, insyallah sukses kok. Tulisan kakak kan keren, apalagi yg b.inggris. Di coba aja dulu kak di kirim ke penerbit siapa tau bisa terbit. Kakak harus PD dong, dihadapan mahasiswanya aja PD masa mau nerbitin novel atau buku ga PD. Semangat lah kak ssihobitt

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      nah eta! bener banget! hebohan dandannya daripada ngedandanin konten presentasi *sigh* tapi yasudahlah, mungkin memang lagi masanya…
      hmmm, makasih banget udah nyemangatin ^^, i’ll see what i can do about it ;p

      Like

      • Eun Chan says:

        Hahaha iya emang lgi jamannya Kak, tpi kalo dandan kan mbok ya sewajarnya. Dulu temen sekelas aku jg ada yg dandan heboh gtu tpi pas di kasih pertanyaan ga bisa jawab. Menang di dandannya sih yaa, hehee
        iyaa Kak, coba kirim aja cerita kakak ke penerbit. Kan skarang banyak cerita FF di terbitin

        Liked by 1 person

  3. may says:

    Skrg jamannya enk tinggal Google nyari jwban, kl dl mesti ngubek2 Perpustakaan,kmr kost berserakan buku2 yg 1 buku aj brtny smpe 1kg lbh( keliatan umur udh tua 😀) tp bgtu presentasi udh psti mguasai materi😊.

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      bahkan kemarin mahasiswa aku protes, bilang “nyari ebook susah kak, nggak bisa di-download.”
      Aku tantangin balik nama ebook yang dia cari apa. Aku buka, aku download, terus aku sodorin ke dia sambil bilang “Nih! Kamu yang nggak bisa pakai internet, kok malah ebook-nya yang disalahin!”
      Gemes, udah dikasih gampang juga masih dibawa susah. Jaman dulu mana ada ebooookkkk–ke perpus kaliiii #makinpanas

      Like

      • may says:

        Tah eta udh dksh kemudahan msh aj blg ssh. Dulu mah mo presentasi hrs nulis pake spidol d plastik transparan pake OHV lg bnr2 krja keras( mgenang jaman dl😀) tp ga prnh mgeluh repot ttp smgat 45.
        Sy salut bgt ih sm author 1 ni udh sbk ngadosen😀 tp msh menyempatkan diri bikin ff trs trjemahin, n tulisannya jg udh sgt layak d buat buku at novel, sy mah ngedukung pake bgt

        Liked by 1 person

  4. yinss says:

    Hehe….. aku stju sma kakak, bener sih kalo presentasi kdang ada yg googling dlu gtu biar jwabannya bener dan dapet nilai bgus dri dosen. Dg ctatan, mau jwab ptnyaan yg mudah dan gampang di cari, kalo kyak gtu kan kasian anggota klmpok yang udah nyiapin materi dan bljar bener2 kalo dia cuma terima jwab yg gampang dan gak ikut ngrjain, di sekitar aku sih ada yg gtu.

    Kadang ada yg marah2 di grup stelah presentasi itu selesai, kenapa audience bnyak tanya? knpa kasih ptnyaannya susah2? Bhkan sbelum presentasi mulai selalu ngasih announcement (di grup juga 😅) gak boleh bnyak tnya, ato ngasih ptnyaan yg susah dan blang ‘jangan ngejatuhin temen yang di depan’.

    Kan sbenarnya diskusi itu di adakan buat sma2 bljar, kalo jwban kita slah ato kurang benar kan dosen psti membantu mlruskan. Ya…. mau gimana lagi, hal sperti itu knyataan nya bener2 ada 😀. #justsharing

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      “kdang ada yg googling dlu gtu biar jwabannya bener dan dapet nilai bgus dri dosen” –> kalau aku dosennya, itu udah jaminan nilai maksimal 65 mau sebenar apapun jawaban ngegooglenya… minus di nilai ‘performance’ dan ‘kesiapan’ hahahaha… *evil laugh*

      padahal diskusi terbuka bagus yaaa… lagian dosen ngasih nilai juga bukan sekedar dari bisa atau nggak bisa jawab (lah untuk apa ada dosen di kelas itu kalau bukan ngebantu unanswered question), tapi fungsi presentasi itu kan memang untuk open discussion demi memancing pertanyaan yang mungkin agak outside the box…

      *terus jadi panjang balesannya hahaha

      Like

      • yinss says:

        Feeling ku bnar tnyata, dosen gak bkalan ngasih nilai bgus hnya krna kita jwab bner (hasil googling). Akan lbih bgus kalo kita mjwab dg bhasa kita sndri, kdang bca dri googlepun gak mgrti isi jwaban itu apa? Hahaha…. tpi susah ngerubah mrka yang gak mau ribet 😅. andalannya ‘gunakan teknologi (google) sebaik mgkin’

        Liked by 1 person

  5. yinss says:

    Feeling ku bnar tnyata, dosen gak bkalan ngasih nilai bgus hnya krna kita jwab bner (hasil googling). Akan lbih bgus kalo kita mjwab dg bhasa kita sndri, kdang bca dri googlepun gak mgrti isi jwaban itu apa? Hahaha…. tpi susah ngerubah mrka yang gak mau ribet 😅. andalannya ‘gunakan teknologi (google) sebaik mgkin’

    Liked by 1 person

  6. elhyonafiction says:

    “Nah! Anak jaman sekarang lebih cangih bok! Bikin presentasi sekenanya, ngakunya anak desain tapi isi slide tulisan semua (times new roman pula!), terus pas sesi tanya jawab nge-google dulu jawabannya. Aku dosennya kan jadi speechless.”

    😂😂😂😂😂
    Ga tau ngomen apa bagian itu. Sering ketemu yg kek gitu dikelas. Dan kadang aku juga masih kek gitu wkwkwk.

    Liked by 1 person

  7. lee_ne says:

    Huaaa aku jadi malu sendiri
    Makasih ya kakak dosen
    Aku lgsg terbuka pikiran y
    Bener juga
    Kalo ngak ada internet kita mau nyari kemana jawaban y
    Aku berusah tetap mengimbangin antara dunia maya dan nyata wkwkwk
    😘😘😘

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      Ya internet dipake gapapa sih, namanya juga teknologi ya manfaatkan sebijaksana mungkin… Hahaha, asal bukan nge-googling pas udah di depan kelas, kan makan waktu tuh nunggu anak2nya baca lg konten yg di-google 😜😜😜 plus jadi basi presentasinya hahaha

      Like

  8. CheesyByun says:

    aku baru ngerasain sidang skripsi tgl 28 kmaren. Curcol kak ya… Hehe
    Mungkin… Karna deg” an,, juga, bru pertama ngadepin yg kyak bginian… Jadi yah…semua yg udh tak pelajrin sedikit demi sedikit buyarrrrr, ntah pada kemana,, kececeran pkok nya…
    Tpi alhamdulillah… Lancar,, ya walaupun revisi itu harus… Hahaha
    Dan,, salah satu dosen pembimbing aku ada yah,, yg gitu kak.. Jadi serba slah gitu lah kemaren,, waktu bimbingan dia minta harus dginiin, diituin… E.. Giliran kmren sidang,, masih aja ada yg salah.. Aku kudu pie ? Tpi alhamdulillah nya gak dipermasalahin terlalu berat.. Jadi alhamdulillah.. 😀
    Aturan kemaren bimbingan ama kakak dulu ya sebelum bimbingan ama dosen aslinya ?? Hahaha 😀

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      Pasti bakal revisi terus sampe dijilid sih… Hahaha (percayalah, dulu jaman aku bikin tesis sampe beli kertas 2 rim cuman liatin yg udah di print di coret lagi dan lagi dan lagi dan lagi sampe mao mewek aja udah gabisa 😂😂😂😂😂

      Nah masalah beda2 pendapat dosen, kl menurut aku krn setiap dosen kan keahliannya beda, jd pas nyidang berbagai keahlian itu disatuin dan konten skripsi mahaswa akan dibedah dengan pisau keahlian masing2… Makanya seru2 maknyos gitu kan kalo sidang 😝 But you’ll miss that moment one day, believe me. I know i do 😊

      Like

  9. Fahla Vemila says:

    Eon dosen ternyata wkwk jadi selama ini aku curcol sama dosen? Walachh sama guru aja takut nih mau curcol gini wkwk. Maafin aku yang kalo gak sopan yah eon dosenn hehe
    Eon ngajar dimana coba pen tau siapa tau kan kali aja aku ntar malah jadi mahasiswa nya eon hehe,aku mau lulus soalnya nih pen buru buru jadi dosen kaya eon juga wkwk *citacitadosen* jadi curhat juga masa hehe :v kalo eon mau bikin novel jangan lupa pengumuman dulu yah nanti aku beliiiii

    Liked by 1 person

  10. missdonglee says:

    PD dong kak,ini critanya udh Bagus2 kok.
    Aku nunggun buku/novelnya.
    Iya klo bisa yg mau di bukuin,jangan di post di blog.jujur aku kurang suka klo beli novel yg sblmnya udh di post 😀.
    Di print sendiri ga mahal kak??

    Soalnya kmaren aku jg baru nyetak buku,lumayan nguras kantong.tadinya mau nyetak 2,eh taunya harganya segitu,jd cuma nyetak 1

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      Hahaha aku print di printer sendiri, cm bayar jilidnya doang (kan 1 eksemplar doang–anaknya biasa kelewat mandiri 😂😂😂)

      Pasti ga aku publish di blog sih, aku pun ngerasa ketidakadilan kl ditaro di blog 😝 (Paling se-chapter/2 chapter aja buat teaser hahaha) itu pun dengan catatan i can overcome my self-consiouseness 😑

      Like

  11. gitya says:

    makasi ya kak blog.nya, ga cuma buat hiburan tpi nmbah pngetahuan juga. Kebetulan jga profesiku berkutat skitar medis jga biar bukan dokter.. 😁

    Liked by 1 person

  12. Rinjani says:

    Ya ampun.. Kan aku udh feeling kaka tuh dosen wkwk soalnya di ff OLS hatam banget bahasa akademis nya 😂. aku pikir jurusan Arsitek dulunya tp pas liat about kakak bukan.
    Gilaaa-gilaa kaka org sunda yaa? ngajar dimana engga?! Jgn2 kita se universitas lg wkwk soalnya baca pas yg penelitian pendidikan itu, aku jg kuliah di bidang yg gigituan yg emg endingnya pasti jd guru. Paling udh gak sanggup we kalo udh penelitian ke SMA bolak balik trs laporan nya teh dikomentarin dosen dengan segala pepeletekan nya, padahal dosen nya dah tua bkn nya di support malah tetep we kena semprot:(( Ujung-ujungnya ditakutin tentang PPL, au ah nanti PPL gmn landaskan iman dan taqwa aja si aku mah..

    Btw ko ngakak yg generasi yg 96 itu 😂. karna aku 97 line
    Curcol sedetiq ya kak, pertama jd mahasiswa semester 1 yg udh serem bgt sama ospek jurusan, ditambah pertama ketemu dosen yg udh selalu cerewetin “SEBAGAI MAHASISWA RAJIN BACA BUKU” karna aku mahasiswa jurusan ilmu sosial yg selalu berkutat dengan teori-teori:((
    Pertama presentasi hasil laporan diskusi cari jawaban dari internet dan berhasil membuat si aku dicarekan bebeakan:(( dari situ untuk presentasi selanjutnya si aku mempersiapkan diri sebaik mungkin biar gk kena amuk dan selalu berpegang Teguh pada buku!! Berikut powepoint slide yg aku pake dibilang gak layak buat dipresentasiin karna semua tulisan bukan point2 yg sederhana:((
    Ka tips buat seneng dengan tugas penelitian ke sekolah apaan:( aku paling bete sama itu, tp aku suka kalo udh penelitian ke museum atau tempat yg punya makna(?) ya kaka tau lah berarti aku kuliah jurusan apa WKWKWK

    Dah ah curcol nya balik lg ke ff wkwk
    aku gabisaa move on dari OLS plisss ini mah seneng bgt karakter Cha Eungi!!!
    Mau coba baca ff kaka yg lain, tp udh baca semua prolog ff di blog ini ko bisa sih ka bikin readers nya penasaran sama semua ff nyaaa. Insyalllah kalo aku punya waktu lebih aku bakal baca semua ff di blog ini.

    Ih ka pasti males baca komen aku karna panjang:(( maaf yaa ka tp baca aja we ya da gratis wkwk

    Liked by 1 person

    • ssihobitt says:

      Hai.. Haii… Buset bingung jawab yang mana duluan… Hmmm, aku asli Jakarta tapi kuliah s1 & s2 di Bandung…

      Hmm… Powerpoint itu kan presentasi, jd memang “tuntutannya” kamu tulis point-nya dan dijabarin lewat presentasi verbal. Dengan demikian, kami2 yg denger fokus ke yg presentasi instead of pusing baca tulisan ngejegrek di slide… Hahaha (tips aja ini, resep manjur kalau mau diperhatiin audience pas di depan)

      Kl buat penelitian ke sekolah, tips biar senengnya apa ya?? Jalani nasibmu dengan lapang dada… Hahaha karena pasti ada sih yang kita suka sama nggak suka, tapi ya mau gimana lagi yekaaan… Namanya juga tugas 😑 Aku pun paling males kl disuruh pengabdian ke sekolah2, tapi mikirin jajanan ala sekolahan aja biar hepi dikit 😝

      Like

Leave a Reply

