[Blabla] dibukukan-kah?

Takut nulis ini, nggak tau kenapa tapi kaya deg-degan nggak jelas, mungkin sebagian karena antisipasi diri, sebagian karena mimpi-mimpi, sebagian karena takut menghadapi kenyataan–apa sih?!

Jadi gini, semua yang suka nulis pasti pingin liat karyanya jadi dalam wujud buku. Fungsinya beragam, bisa untuk kenang-kenangan, memento, wujud pencapaian, atau pemuas ambisi. Kalau aku, aku ingin karyaku jadi buku karena aku ingin hidup selamanya, selama manuskrip itu masih ada, aku akan tetap hidup dalam wujud karyaku.

Sayangnya, my muse is Kyuhyun dan akhirnya aku nulis fan fiction. FF adalah sesuatu yang tergolong ilegal untuk dipublikasikan melalui penerbit besar, ilegal untuk dijual dalam toko buku juga, karena alasan hak cipta (kecuali kalau aku dapat izin dari SM untuk mem-publish, itu baru nggak ilegal) jadiii.. terpaksa self-publish. Sejauh ini aku sudah bikin 5 karya yang masuk kategori ‘selesai’ (dalam bahasa inggris) dan aku selama ini cuman self-publish (edit sendiri, bikin cover sendiri, nge-print sendiri, dan jilid sendiri).

Dan aku bingung, layakkah FF-ku dibukukan? Adakah yang berminat seandainya memang aku bukukan? 😦

12 thoughts on “[Blabla] dibukukan-kah?

  1. syalala says:

    pasti yah.. hampir semua author emg mau ffnya dibukukan hihi whatever it is, hope its the best for you kak! tp maapin bgt seberapapun aku mau, aku ga pernah beli novel-ff cries bcs it will be super weird if i buy hahahah

    Like

  2. blue cat says:

    I will buy.

    Suka gaya bahasa kamu, suka penokohan kamu, suka cara kamu blending the story with certain knowledge (yg aku have no idea about).

    Buat aku gk pernah masalah apakah Itu novel, cerpen, drama tertulis, FF, or even just a simple paragraph.
    It’s the passion on writing I care the most….
    Krn karya yg berasal dr passion Itu pst beda dg karya yg biasa

    Selalu amaze sm org2 yg bs delivering their passion thru the works 😊

    Semangat!
    Will be glad to have ur works, specially this OLS πŸ˜‰

    Like

    • ssihobitt says:

      😳😳😳 that’s a pure compliment you gave me.. Thanks so much, i avoid writing cliche (with questionable facts, etc) and so flattered now because you mentioned that.. 😊😊😊

      Like

  3. ByunSoo says:

    mau dong punya buka karya authornim,cuma karna jarak ini lo authornim jdi ga pede sendiri :-\ ,abaikan,aku suka banget udah sama ff authornim,baru kali in aku nemu author y RAJIN PAKE BANGET NGEPOST FFNYA TEPAT WAKTU πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜› ,salahkan saja Read Seo Hayeon yang telah mmbuat anak baru ini jadi ga tenang tidurx,sllu liat jam,apa udah ya authornim ssihobitt ngepost ver indo,hanya itu pertaxaan y sllu berkeliaran dikepalaku

    Like

    • ssihobitt says:

      Hihihi.. We’ll see lah ya.. Krisis percaya diri tingkat akut soalnya, trus kayanya memang dikit yg minat.. Hiks 😭 BTW, sori aku nngga update hari ini (dan belum tau pasti kapan sempet update), lagi sibuk ngurusin akreditasi di kampus, bener-bener nggak ada waktu buat megang terjemahan πŸ˜”πŸ˜”πŸ˜”

      Like

      • ByunSoo says:

        yah…..Sebenernya aku juga kagi sibuk ngurusin Akreditasi sekolah Authornim,cuma krna Aku cuma read y punya waktu kuang y bisa dibilang kapan-kapan aja,ya….Pdahal penasaran,well ga papalh bikin penasaran read ver indo biar mereka garuk2 kepala sambil teriak2 ga jelas krna stress mikirin kon OLS part 23 dipost,Semangat buat Akreditasi dan Nulis Part 23 nya ya Authornim

        Like

  4. Seo HaYeon says:

    I’ve told U before that I need your Novel, kak.. πŸ˜‰ eudeuh berat bgt ya kyakx kok smpe ke illegal segala wkwk… Tp ql dr segi sdut pandang q sih kak, ff ini jauuuuh diatas rta2 msuk FF yg hrus dipublish! (NOTE: mksudx: FF u lbih dr pantes ql mw dialihkan k printed book) Sblmx q jg prnh bc FF yg ud dijadiin buku/novel,n ql blh bandingin,levelnya sih diatas angin alias jaaaauuh bgus px kakak.FF ini px pesn trsndri n jjur krn involve x dunia kmpus,bs jd mdia utk ngingt trs prjuangn ktika mngenyam pndidikn πŸ˜‰

    Like

    • ssihobitt says:

      Thanks for the encouragement.. Tapi aku tetep krisis percaya diri hahaha.. Lagian yg respon juga dikit banget, jadi makin ciut 😭😭😭😭 aku ngerti sih, aku newby banget di dunia per-ff-an Indo, tapi ya gitudeh.. Punya mimpi kan nggak dosa.. Hiks.. Iya gak? 😭😭😭

      Like

  5. Gaemaker says:

    Surely, to publish your own ff and that too legally, takes time.. no rush. Gain as much trust, interest, support, demand, loyalty from your readers. From there we will work on making this real.

    Maybe in time, we then can compare which stories receive more attention and which one your readers most fav story etc.. you’re going there, you took the first step already and were brave about your decision..

    Dream as much as you want, make it real, I believe you can achieve this goal..you have my best support. If there’s more I could offer to help you in this, I won’t hesitate. Just, never stop trying. Readers come and go but I’m sure you will earn loyal readers πŸ™‚ and that’s crucial πŸ™‚

    Liked by 1 person

  6. MarooKyu88 says:

    Amat Sangat Sangat LAYAK !!!

    Semangat ka.

    Jangan Ciut gitu dong.
    buat postingan “dibukukankah” pasti statistik blog sama reader nya masih dikit banged,kan masih baru dan banyak yg belum tahu. Sekarang mungkin udah ada kenaikan pengunjung. Baik.yg gelap ato putih maupun yg abu-abu.
    Banyak kasus sider beli novel kok, Jangan ciut karena postingN ini cma 11 doang yg komen*trmasukauthornya#Sider malah ada yg baik ngasih sesuatu ke author sbg rasa trimakasih dan maaf udh jd pmbaca gelap.

    Aku Yakin Seyakin-Yakinnya bahwa suatu saat kaka akan jadi author terkenal karena karya dan orangnya yg hebat.
    yahhh..sabar mungkin ka, karena masih awal lagi tunggulah….

    Semua akan indah pada waktunya.

    aku klo baca ff bagus tk share ke selirnya kyuhyun lwt bm, dan saya yakin reader lainnya juga gitu. Marketting ff *bow# hahaaaaa
    Dan maaf juga, ada satu temenku yg jdi sider, yg kalo baca pake hp ku. hp dia kering kuota.

    pembaca gelap masih mending,dripada pencuri gelap.Maka berhati-hati lah ka.
    plagiat dimana-mana.

    kalo bisa bukukan yg belum pernah dipublish*hihii# biar pnassran dan kejutan isinya. Nanti di usahakan ikut beli.
    maklumlah mahasiswa tua yg gajinya tarik sana tarik sini.

    Semangat buat kita semua.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

